Sunday 8 March 2015

Informasi Penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun 2015

Informasi Pendaftaran / Penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Tahun 2015. Dari Medan kerja - Medankerja.com, Kami informasikan Persyaratan dan lainnya untuk penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana Tahun 2015.

Informasi Penerimaan SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana) 
Tahun 2015

I. PRODI YANG DIBUTUHKAN:
  1. TEKNIK ELEKTRO
  2. TEKNIK FISIKA
  3. TEKNIK KIMIA
  4. TEKNIK LINGKUNGAN
  5. TEKNIK METALURGI
  6. TEKNIK NUKLIR
  7. TEKNIK PENERBANGAN
  8. TEKNIK PERKAPALAN
  9. TEKNIK SIPIL
  10. SASTRA ARAB
  11. SASTRA JEPANG
  12. SASTRA MANDARIN
  13. AGAMA ISLAM/DAKWAH
  14. ANTHROPOMETRI/KEOLAH RAGAAN
  15. EKONOMI PEMBANGUNAN
  16. KATAKETIK (KATHOLIK)
  17. MANAJEMEN LOGISTIK
  18. MIPA BIOLOGI
  19. SANDI NEGARA
  20. DESAIN GRAFIS
  21. D-IV AHLI NAUTIKA TK III

II. PERSYARATAN UMUM:
  1. Warga Negara Indonesia (pria atau wanita);
  2. Beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa;
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  4. Berumur paling rendah 18 (delapan belas) tahun;
  5. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan minimal setingkat RSUD);
  6. Tidak sedang terlibat kasus pidana atau pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
  7. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
  8. Mampu mengoperasionalkan komputer;
  9. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian;

III. PERSYARATAN KHUSUS :
  • Pria dan wanita belum pernah menjadi anggota Polri;
  • Berijazah :

    1. S1 sesuai dengan prodi yang dibutuhkan diatas;
    2. D-IV Ahli Nautika Tk. III (wajib memiliki ijazah Ahli Nautika Tk. III dari Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia)
  • Bagi lulusan yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan program studi �yang terakreditasi min B wajib melampirkan tanda lulus/ijazah yang dilegalisasi/diketahui oleh Pembantu Dekan bidang Akademik, dengan nilai rata-rata IPK minimal 2,70;
  • Umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan SIPSS T.A. 2015 maksimal 26 (dua puluh enam) tahun;
  • Tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) :

    - Pria : 160 (seratus enam puluh) cm
    - Wanita : 155 (seratus lima puluh lima) cm
  • Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan;
  • Mampu mengoperasionalkan komputer;
  • Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi Perwira Polri;
  • Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain;
  • Mendapat persetujuan dari instansi yang bersangkutan bagi yang sudah bekerja dan pernyataan berhenti dengan hormat bila lulus seleksi dan terpilih masuk pendidikan pembentukan Polri;
  • Mengikuti dan lulus pemeriksaan dan pengujian sebagai berikut :

    1. Tingkat daerah dengan sistem gugur meliputi :
      - Pemeriksaan administrasi;
      - Pemeriksaan kesehatan tahap I;
      - Pemeriksaan psikologi tertulis;
      - Pemeriksaan PMK (Penelusuran Mental Kepribadian)
      - Pemeriksaan kesehatan tahap II;

    2. Tingkat pusat dengan sistem gugur meliputi :
      - Pemeriksaan administrasi;
      - Pemeriksaan kesehatan tahap I & II termasuk Kesehatan jiwa;
      - Uji Kemampuan Jasmani;
      - Pemeriksaan wawancara psikologi;
      - Pemeriksaan PMK (Penelusuran Mental Kepribadian)
      - Uji Akademik menggunakan Computer Assisted Test (CAT) meliputi :

         a. Tes Potensi AKademik
         b. TOEFL
         c. Wawasan Kebangsaan

      - Sidang Penetapan Kelulusan Akhir

 IV. TATA CARA PENDAFTARAN:
  1. Tgl Pendaftaran : 22-Februari-2015 sampai dengan 10-Maret-2015 pukul 15.00 WIB
  2. Pendaftar membuka website penerimaan.polri.go.id;
  3. Tekan tombol Daftar, pilih salah satu macam seleksi;
  4. Isi Form Registrasi dengan data yang sebenarnya, catat nomor registrasi & password (untuk
  5. melakukan login, perubahan data dan cetak biodata pendaftar);
  6. Tekan tombol printer untuk mencetak biodata, yang nantinya digunakan untuk melakukan verifikasi di Polres atau Polda sebagai Panbanrim;
  7. Tekan ikon Microsoft Word untuk mengunduh berkas persyaratan.

Pendaftar melakukan verifikasi di Polda dengan membawa kelengkapan berkas persyaratan. Sekaligus mengukur tinggi dan berat badan. Kelengkapan berkas seperti berikut:
  1. Surat Permohonan :
    a. Ditulis dengan tinta warna hitam di atas kertas folio bergaris bermaterai Rp. 6.000,-;
    b. Ditulis sendiri oleh pelamar;
    c. Menggunakan huruf balok tanpa coretan/dihapus.
  2. Fotokopi akte kelahiran/surat kenal lahir
    a. Bagi yang tidak memiliki akte kelahiran dapat menggunakan Surat Keterangan Kelahiran/Surat Kenal Lahir
    b. Akte kelahiran/surat kenal lahir/surat keterangan kelahiran dibuat oleh bupati/walikota setempat;
    c. Jika akte kelahiran/surat kenal lahir hilang/ rusak/terdapat kesalahan/perubahan, harus dilampiri surat keterangan yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.
  3. Fotokopi Ijazah pendidikan umum sampai dengan pendidikan terakhir
    a. Fotokopi Ijazah beserta transkrip/daftar nilai
    b. Jika Ijazah hilang/rusak/terdapat kesalahan/ perubahan, harus dilampiri surat keterangan yang dikeluarkan oleh pejabat yang  berwenang;
    c. Fotokopi Ijazah dari sekolah/perguruan tinggi luar negeri harus mendapat penyesuaian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
    d. Fotokopi Ijazah yang digunakan harus sesuai dengan yang diterbitkan oleh sekolah/perguruan tinggi;
    e. Fotokopi sertifikat akreditasi program studi yang dikeluarkan BAN-PT dilegalisir oleh sekolah/perguruan tinggi.
  4. Bagi siswa yang masih duduk di kelas 3 (tiga) agar membawa raport atau fotocopy raport yang telah dilegalisir;
  5. Fotokopi surat keterangan berbadan sehat yang dikeluarkan dari institusi kesehatan resmi milik pemerintah (di luar kesehatan Polri);
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) :
  7. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) pendaftar dengan masa penerbitan minimal 1 (satu) tahun terakhir terhitung pada saat waktu pembukaan pendidikan;
  8. Persetujuan orang tua/wali
  9. Pernyataan belum pernah nikah
  10. Daftar riwayat hidup
  11. Surat perjanjian Ikatan Dinas Pertama Anggota Polri
  12. Surat pernyataan tidak terikat perjanjian dengan instansi lain
  13. Surat pernyataan orang tua/wali
Keterangan : semua persyaratan Administrasi dibuat rangkap 3 (tiga).

Pemeriksaan Administrasi Awal & Penilaian
Panitia menerima dokumen berupa persyaratan dari peserta, selanjutnya dilakukan pemeriksaan untuk menyatakan keabsahan dan kelengkapan dokumen. Penilaian hasil pemeriksaan administrasi berupa penilaian kualitatif yaitu : Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak memenuhi Syarat (TMS).

Info Tambahan:
  • Untuk Informasi Lengkapnya yang belum tertera di WEbsite ini dan untuk melakukan pendaftaran Online silahkan langsung menuju Website Resmi Penerimaan SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana) Tahun 2015 Melalui Link / alamat website di http://penerimaan.polri.go.id/